RSS

Sekilas mengenai pembelajaran yang dilaksanakan pada 8 maret 2011

Diawal kuliah ibu Dina menyebutkan istilah ‘Johari Windows’. Saya dan beberapa teman yang lain belum pernah mendengar istilah ini,setelah selesai pembelajaran pada hari itu saya sudah sedikit paham tentang Johari windows.
Johari Windows atau jendela johari  pertama sekali diperkenalkan oleh Joseph Luft dan Harrington V. Ingham di AS.jendela johari sangat berkaitan dengan komunikasi sesorang. Jendela ini mencerminkan tingkat keterbukaan  seseorang yang dibagi dalam empat kuadran,
DIRI TERBUKA (OPEN)
(diketahui diri sendiri dan orang lain)

DIRI BUTA
Tidak diketahui diri sendiri, tapi diketahui orang lain

DIRI TERSEMBUNYI / RAHASIA
(diketahui diri sendiri tapi tidak diketahui orang lain

DIRI GELAP
(tidak diketahui diri sendiri maupun orang lain)


Setelah mengetahui tentang Johari Windows, Bu Dina mengajak kami  untuk membentuk satu kelompok,dalam kelompok ini kami membuat sifat sifat positif dan sifat sifat negative yang dimiliki oleh teman sekelompok.Kemudian mengevaluasinya bersama teman sekelompok.
pada saat saya menilai teman saya,saya diajak untuk berpikir dalam menentukan sifat sifat teman saya dan saya memiliki motivasi dalam mengerjakan hal tersebut.disini saya akan menbahas mengenai teori kogniti dan teori motivasi yang saya gunakan.
1.      Teor kognitif, yang dikembangkan oleh Piage. Piage menggunakan istilah skema (kerangka kognitif atau kerangka referensi) dalam menggambarkan mengapa seseorang memberikan respon terhadap stimulus.skema juga merupakan konsep yang dimiliki individu dalam mengorganisasikan suatu informasi.ada dua proses yang bertanggung jawab atas cara anak menggunakan dan mengadaptasikan skema mereka:
·         Asimilasià proses menambahkan informasi baru ke dalam skema yang sudah ada
·         Akomodasià bentuk penyesuaian diri pada informasi baru.
2.      Teori McClelland (Teori Kebutuhan Berprestasi)
Dari McClelland dikenal tentang teori kebutuhan untuk mencapai prestasi atau Need for Acievement (N.Ach) yang menyatakan bahwa motivasi berbeda-beda, sesuai dengan kekuatan kebutuhan seseorang akan prestasi. Didalam teori ini dijelaskan ketika muncul sesuatu kebutuhan yang kuat didalam seseorang,kebutuhan tersebut memotivasi dirinya untuk menggunakn perilaku yang dapat mendatangkan kepuasan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar