RSS

Paedagogi Teoritis dan Prinsip prinsip Paedagogis

  Paedagogi bermakna ilmu pendidikan atau ilmu pengajaran, paedagogi juga bermakna bersifat mendidik.makna luas dari paedagogi adalah sadar terhadap arah tujuan dan ciri dasar  dari proses paedagogi. Danilov (19780 mendefenisikan paedagogis sebagai proses interaksi terus menerus dan saling berasimilasi  antara pengetahuan ilmiah dan pengembangan siswa.dari perspektif lain Albero Gracia mengkonseptualisasikan paedagogi sebagaibtindakan guru dan siswa dalam konteks organisasi sekolah,dimana interaksi itu dilakukan bedasarkan teor paedagogs tertentu, berorientasi pada tujuan institusional dan dikembangkan dengan interaksi yang dekat dengan keluarga dan masyarakat untuk mencapai pembentukan siswa secara sehat.Ana Maria memperhitungkan hubungan antara semua proses dan pendidikan sebagai target pencapaian sekolaah namun proses paedagogi tidak melampaui batas batas institusi pendidikan. Gladys Valdivia mendefinisikan  proses paedagogi erat kaitannya dengan tujuan sosial yang dikembangkan dan berhubungan satu sama lain.

  Proses Paedagogi penting untuk mempertimbangkan beberapa rinsip yang yang memandu proses paedagogis itu, Addine menulis prinsip prinsip paedagogis itu adalah kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses paedagogis.dengan demikian setiap omten yang pembelajar ambil disekolah harus berguna dalam kehidupan sehari hari,kini dan kelak.prinsip lain yang berorientasu proses ini adalah salah satu yang mengkombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan serta pengormatan terhadap kepribadian siswa. prinsip berikutnya merujuk pada kesatuan pengajaran,pendidikan dan perkembangan proses karena didasarkan kepada kesatuan dialektis antara pendidikan dan pengajaran yang harus terkait dengan kegiatan pembangunan pada umumnya.proses paedagogis juga menganut prinsip bahwa domain kognitif dan afektif tidak bisa berada dalam suasana yang kering. dan prinsip terakhir  adalah bahwa masing masing subsistem aktivitas komunikasi, dan kepribadian dibentuk dan dikembangkan atas aktivitas melalui proses komunikasi.

  Proses Paedagogis berbasis pada model program jangka panjang. DiKuba, metamorfosis perkembangan lebih lanjut dari paedagogi melahirkan  Revolusi Pendidikan Ketiga yang bertujuan untuk membuka lebar bagi seluruh universitas mencari kesetaraan dan keadilan pendidikan sosial dengan menggunakan konsep yang sama sekali baru  serta aplikasi metodde yang membuat peserta didik menjadi agen penting dalam pembentukan pribadinya.program ini dirancang dengan model paedagogis yang memiliki karaktristik berikut:
  • Fleksibel
  • Terstruktur
  • Berpusat pada siswa
  • Kegiatan tatap muka
  • pendidikan virtual, dan
  • Bimbingan guru privat
Daftar Pustaka: 
Danim, Sudarwan (2010). Paedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar