RSS

Bagaimanakah karakteristik umum untuk pelajar dewasa ?

beberapa karakteristik yang umum untuk pelajar dewasa:

Orang dewasa telah mengumpulkan pengalaman hidup. Orang Dewasa datang ke kursus dengan pengalaman dan pengetahuan di berbagai bidang. Mereka cenderung mendukung kegiatan belajar praktis yang memungkinkan mereka untuk menggambar pada keterampilan dan pengetahuan mereka sebelumnya. Orang dewasa realistis dan memiliki wawasan tentang apa yang mungkin berhasil dan apa yang tidak.

Orang dewasa telah membentuk opini, nilai-nilai dan kepercayaan yang telah dibangun dari waktu ke waktu dan tiba di berikut pengalaman keluarga, hubungan, pekerjaan, komunitas, politik, dan lain-lain pandangan ini tidak dapat diberhentikan dan harus dihormati.

Orang dewasa secara intrinsik termotivasi. Pembelajar meningkatkan upaya mereka ketika termotivasi oleh kebutuhan, kepentingan, atau keinginan untuk belajar. Mereka juga termotivasi oleh relevansi materi yang akan ditangani dan belajar lebih baik ketika materi berkaitan dengan kebutuhan mereka sendiri dan kepentingan. Untuk peserta didik untuk terlibat penuh dalam pembelajaran perhatian mereka harus sepenuhnya berfokus pada materi yang disampaikan.
Perbedaan individual,Orang dewasa belajar dengan berbagai tingkat dan dengan cara yang berbeda sesuai dengan kemampuan intelektual mereka, tingkat pendidikan, kepribadian dan gaya belajar kognitif..

Orang dewasa belajar paling baik dalam lingkungan yang demokratis, partisipatif dan kolaboratif. Orang dewasa perlu secara aktif terlibat dalam menentukan bagaimana dan apa yang mereka akan belajar, dan mereka perlu aktif, bukan pasif, pengalaman belajar.

Orang dewasa berorientasi tujuan.Orang dewasa perlu mengetahui mengapa mereka belajar sesuatu. Orang dewasa memiliki kebutuhan yang konkrit dan segera. Mereka dapat sabar dengan diskusi panjang pada teori dan ingin melihat teori diterapkan untuk masalah praktis.. Mereka adalah tugas atau masalah-terpusat daripada subyek-berpusat. Orang dewasa cenderung lebih tertarik pada teori ketika dikaitkan dengan aplikasi praktis.

Orang dewasa otonom dan mandiri. Mereka adalah pembelajar yang mandiri dan lebih memilih untuk bekerja dengan langkah mereka sendiri. Individu belajar paling baik jika mereka siap untuk belajar dan ketika mereka telah mengidentifikasi kebutuhan belajar mereka. Dimana seorang siswa diarahkan oleh orang lain untuk mengikuti kursus, misalnya dengan majikan, maka bahwa individu mungkin tidak siap untuk belajar atau mungkin tidak melihat nilai dalam berpartisipasi pada program tersebut. Hal ini dapat menyebabkan ketidaksesuaian tujuan antara semua pihak - mahasiswa, majikan dan pelatih.

Orang dewasa praktis dan masalah-pemecah. Orang dewasa lebih sabar dalam mengejar tujuan pembelajaran. Mereka kurang toleran terhadap pekerjaan yang tidak memiliki aplikasi langsung dan langsung ke tujuan mereka. latihan Soal pembelajaran berbasis disambut sebagai mereka membangun pada pengalaman sebelumnya dan memberikan kesempatan bagi aplikasi praktis dari bahan / teori tertutup.

Referensi:
ukadji,S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah.Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas
http://online.rit.edu/faculty/teaching_strategies/adult_learners.cfm

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar