Bimbingan atau konseling disekolah dasar belum terlalu berkembang di Indonesia,oleh karena itu jarang sekali ditemukan konselo disekolah dasar, tetapi bimbingan disekolah dasar sudah mulai diterapakan di sekolah sekolah dasar khususnya di Indonesia.tugas psikolog sekolah di SD menyangkut bimbingan individual maupun kelompok,konseling orangtua,staf maupun murid,pengelolaan data pribadi maupun informasi,penempatan,serta penelitian serta masih banyak tugas lainnya
Tujuan diadakannya bimbingan di SD adalah membantu anak:
1. Menguasai bahan ajaran tuntutan kurikuler
2. Membuat pilihan dan menentukan bahan ajaran yang cocok
3. Memiliki sikap pandangan belajar yang mendukung
4. Mempunyai pola laku belajar yang mendukung
5. Memilih teman bergaul dan membentuk kempok
6. Mengadakan penyesuaian hidup berkelompok
7. Memecahkan masalah masalah belajar yang dihadapi murid
Dalam membimbing anak usia sekolah dasar psikolog harus mampu memahami anak usia sekolah dasar yaitu berusia 6 hingga 12 tahun.
Perkembangan fisik atau jasmani anak sangat berbeda satu sama lain, sekalipun anak-anak tersebut usianya relatif sama, bahkan dalam kondisi ekonomi yang relatif sama pula. Sedangkan pertumbuhan anak-anak berbeda ras juga menunjukkan perbedaan yang menyolok. Hal ini antara lain disebabkan perbedaan gizi, lingkungan, perlakuan orang tua terhadap anak, kebiasaan hidup dan lain-lain.
Perkembangan intelektual anak sangat tergantung pada berbagai faktor utama, antara lain kesehatan gizi, kebugaran jasmani, pergaulan dan pembinaan orang tua.
Perkembangan emosional berbeda satu sama lain karena adanya perbedaan jenis kelamin, usia, lingkungan, pergaulan dan pembinaan orang tua maupun guru di sekolah
Perkembangan emosional juga dapat dipengaruhi oleh adanya gangguan kecemasan, rasa takut dan faktor-faktor eksternal yang sering kali tidak dikenal sebelumnya oleh anak yang sedang tumbuh. Namun sering kali juga adanya tindakan orang tua yang sering kali tidak dapat mempengaruhi perkembangan emosional anak.
Cara membimbing anak diusia sekolah dasar adalah sebagai berikut:
1. Bicaralah dengan anak tentang hari hari di sekolah
2. Mengatur jadwal tidur
3. Review pelajaran.
4. Rencana rutinitas hari sekolah.
SUMBER:
- Sukadji,S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah.Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas
- http://massofa.wordpress.com/2008/01/25/karakteristik-anak-usia-sekolah-dasar/
Bagaimana cara membimbing anak diusia sekolah dasar?
07.42 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar