Anggota
1. Karin Natalia A (10037)
2. Reza Yoga (10027)
3 Melva Safira (10028)
4.Deepraj Kaur Sandhu (10051)
5.Raja Maspin (10062)
7.Yulian Asri (10071)
8. Mhd.Fadli (10006)
Pendahuluan
Pendidikan pada dasarnya merupakan salah satu alat untuk memajukan kehidupan seseorang. Pada zaman sekarang ini, pendidikan bukanlah lagi menjadi kebutuhan sekunder, melainkan menjadi kebutuhan primer, karena orang tanpa pendidikan sekarang ini akan mendapat kedudukan rendah dalam masyarakat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan itu memegang peran penting dalam membentuk pribadi yang sukses. Pendidikan bukan hanya sekedar proses pentransferan ilmu, melainkan juga termasuk di dalamnya proses pembentukan pribadi yang berkualitas. Pribadi yang berkualitas dipandang bukan hanya seberapa banyak ilmu yang dia peroleh, melainkan juga dapat di pandang dari kreatifitas, kepribadian, serta kemampuan problem solving dan adaptasi seseorang.
Sekarang ini, pendidikan merupakan hanya proses pentransferan ilmu, tidak lagi menjadi proses yang mendidik. Guru merasa kewajibannya sudah selesai apabila dia sudah menyampaikan pemikirannya, tanpa memandang bagaimana anak tersebut. Bahkan, anak TK sekarang ini sudah diberikan pelajaran selayaknya anak di Sekolah Dasar. Pembelajan Seni sudah menjadi misi optional dalam proses pendidikan sekarang ini. Menyanyi, menggambar, melukis, serta kegiatan yang dapat membantu pembentukan kreatifitas siswa perlahan-lahan mulai diabaikan. Padahal, kreativitas merupakan salah satu factor penting penentu kualitas seorang anak.
Berdasarkan hal tersebut, kelompok ini melakukan Micro Teaching pada sebuah Tk, untuk melihat serta berusaha menyampaikan pesan kepada Pendidik dan Peserta didik bahwa Pembelajaran berwujud seni merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan anak.
B. Landasan Teori
Landasan teori yang digunakan dalam proses micro teaching ini adalah :
a. - Teori Pengajaran Pedagogi Modern, mengatakan bahwa pengajaran bukan hanya proses transfer ilmu, melainkan juga proses transformasi, merangsang, dan membangkitkan kreatifitas siswa.
b. Pendekatan 4P, yang memandang bahwa kreatifitas dibentuk berdsarkan empat critical factor, yaitu Pribadi, Proses, Press, dan Product.
c. - Pedagogi Ideal-Spiritual Karakteristik, mengemukakan mengenai pembentukan kepribadian yang ideal bukan hanya berdasarkan keilmuan semata, melainkan juga berdasarkan factor spiritual dan Kreatifitas seseorang.
d. - Pendekatan Learner – Centered, mengenai proses pendidikan berada pada tangan peserta didik, dimana peserta yang menjadi focus utama dan berperan aktif dalam proses pendidikan.
C. Alat dan Bahan
Alat dan Bahan yang digunakan dalam proses Micro Teaching adalah :
1. Kamera Digital
2. HP (Merekam Video)
3. Crayon Berwarna
4. Kertas Origami
5. Kertas Gambar
6. Reward
D Peserta Micro Teaching
Peserta Micro Teaching adalah Siswa TK Kartika Jaya 2-20 Kesatuan Angkatan Darat , di Jalan Karya Jaya Medan. Anak TK yang menjadi peserta Micro Teaching adalah anak dari Kelas B yang memiliki usia berkisal 5-6 tahun.
E. Rencana Kegiatan
Rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan pada TK tersebut adalah :
1. Perkenalan antara Mahiswa Micro Teaching dengan murid-murid Tk.
2. Bernyanyi bersama-sama sebagai permulaan pelaksanaan kegiatan.
3. Menggambar bersama dengan peserta didik.
4. Mengajar anak melakukan permainan Lipat Origami.
5. Bermain tebak-tebakan kata dengan peserta Micro Teaching.
6. Pembagian Reward kepada adik-adik sebagai penutup kegiatan.
F Rancangan Jadwal Kegiatan
1. Diskusi TK Sabtu, 7 April 2012
2. Diskusi mengenai konsep yang digunakan Sabtu, 7 April 2012
3. Observasi ke TK Kartika Jaya Senin, 9 April 2012
4. Proses Micro Teaching Selasa,10 April 2012
5. Pembahasan mengenai M.Teaching Senin, 16 April 2012
6. Pembuatan Laporan Micro Teaching Jumat, 20 April 2012
7. Posting Hasil Micro Teaching Sabtu, 21 April 2012
0 komentar:
Posting Komentar