RSS

UTS PAEDAGOGI

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

1. Apa yang dapat adinda jelaskan sehubungan dengan Pedagogi Modern? lalu beri ilustrasi bandingan antara proses pembelajaran yang adinda dapatkan saat perkuliah dengan uraian teori tersebut.

Karin Natalia Ambarita mengatakan...

Paedagogi berasal dari bahasa Yunani “paedagogia“ yang berarti pergaulan dengan anak-anak Paedagagos berasal dari kata “paid” yang artinya “anak” dan “agogos” yang artinya “memimpin atau membimbing”. Dari kata ini maka lahir istilah paedagogi yang diartikan sebagai suatu ilmu dan seni dalam mengajar anak-anak. Dan dalam perkembangan selanjutnya istilah paedagogi berubah menjadi ilmu dan seni mengajar.paedagogi tadisional memposisikan paedagogi hanya sebatas seni mengajar dan mengasuh tatapi sekarang ini (modern) melihat paedagogi dari dua persfektif yaitu sebagai ilmu dan dan sebagai seni.paedagogi sebagai ilmu pengetahuan dan terdefenisi secara sfesifik tentu juga akan menggamit dimensi seni,teoritik dan praktik mengajar dan belajar.beberapa defenisi yang terkait dengan paedgogi disajikan berikut ini:
a.Pengajar (teaching) yaitu tehnik dan metode kerja guru dalam mentransformasikan konten pengetahuan,merangsang,mengawasi dan memfasilitasi pengembangan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berhasil. Pada pembelajaran dikelas yang saya dapat selama ini pengajar (dosen) kami memberikan pengetahuan dengan memberikan kami ilmu pengetahuan yang baru,kemudian pengajar juga memberikan kami stimulasi yang dapat merangsang kami untuk berpikir .disamping itu pengajar juga mengawasi hasil kerja kami agar lebih terarah serta memfasilitasi proses belajar kami dengan memberikan referensi buku yand dibaca,beliau juga memberikan topic topic bahasan apa saja yang harus dipelajari sehingga tujuan pembelajaran dapat terwujud yaitu mengerti dan memahani apa paedagogi itu.disini pengajar juga sebagai pengevaluasi apakan tujuan pembelajaran itu dapat tercapat dengan memeriksa tugas tugas yang dikerjakan dan hasil ujian tengah semester ataupun hasil ujian akhir semester
b.Belajar (learning) yaitu proses siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan.proses ini yang sekarang sedang dijalani dimana kami memposting materi setiap minggunya dapat mengembangkan kemandirian kami dalam belajar dimana dalam belajar kami belajar tidak harus selalu dibimbing oleh pengajar(Dosen)
c.Hubungan mengajar dengan belajar dengan segala factor lain yang tergamit mendorong minat paedagogi.yang mendorong minat kami dalam belajar paedagogi adalah dalam pengerjaan tugas proyek microteaching. Dengan pengerjaan proyek ini kami dapat secara langsung mengaplikasikan materi materi yang kami pelajari tentang seni mengajar pada anak anak yang memudahkan kami memahami materi yang sudah dipelajari.
d.Hubungan mengajar dan belajar berkaitan dengan semua pengaturan dan segala tahapan usia.yaitun sebagaimana yang dikembangkan dilembaga lembaga pendidikan formal/nonformal dalam masyarakat,keluarga dan kehidupan kerja. Proyek microteaching yang kami kerjakan dapat dilakukan dimanapun dengan situasi yang formal atau nonformal.pengerjaan proyek ini tidak harus disekolah dengan situasi yang formal dan mengajar materi sesuai kurikulum tetapi dapat juga dikerjakan dalam situasi nonformal dengan materi materi yang ringan.

psipddk3sks mengatakan...

2. jelaskan tentang konsep micro teaching kelompok adinda. Kemudian sertakan kajian teori yang mendukung menurut pendapat pribadi anda.

Karin Natalia Ambarita mengatakan...

Micro teaching kelompok kami dilaksanakan di TK Kartika Jaya 2-20 TK Kesatuan Angkatan Darat milik yayasan Kodam yang berada diJalan karya jaya Medan.kami memilih TK karena menurut kami anak TK lebih dapat diajak berekspresif, berkreativitas dan melakukan hal yang menarik dan menyenangkan.mereka memperoleh pengetahuan melalui kegiatan bermain.kami menggunakan konsep creative and fun dimana kami mengajar anak anak TK untuk menjadi kreatif dengan cara yang menyenangkan.kami melakukan kegiatan micro teaching selama dua hari,hari pertama kami mengobservasi TK tersebut dimana lokasi TK tersebut,berapa banyak murid yang akan kami ajar serta meminta persetujuan dari pihak sekolah untuk mengadakan micro teaching disekolah tersebut serta mempersiapakan bahan bahan yang kami perlukan untuk mengajar.hari kedua kami melakukan pengajaran pada 15 anak TK .kami memilih anak yang kami ajar bedasarkan kelasnya.kami memilih mengajar anak TK kelas B karena usia anak TK kelas lebih tua yaitu berkisar antara lima sampai enam tahun. tema kami dalam mengajar adalah mengembangkan kreativitas dengan memberikan pengajaran pada murid namun mereka tetap bebas berekspresif. kami menggajarkan cara melipat origami, menggambar, bernyanyi dan tidak lupa juga memberikan tebak-tebakan fun yang disertai oleh pemberian reward.
Teori yang saya gunakan adalah pendekatan empat P dalam pengembangan kreativitas yaitu pribadi,produk,press dan proses.yang pertama pribadi yaitu tindakan kreatif itu muncul dari keunikan keseluruhan kepribadian dalam interaksi dalam lingkungannya.murid murid TK mengerjakan gambar yang kami suruh bedasarkan pribadi mereka.misalnya pada saat menggambar ikan,mereka memilih sendiri pensil warna apa yang akan mereka gunakan.yang kedua adalah proses yang meliputi seluruh proses creative dan ilmiah mulai dari menemukan masalah sampai dengan menyampaikan hasil. Ini dimulai ketika kami memberikan intruksi kepada anak anak TK kemudian mengajari mereka satu persatu hingga pada hasil akhir pekerjaan mereka.yang ketiga adalah produk yaitu yang menyatakan bahwa kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru (orisinil).walaupun produknya belum bisa dikatakan produk yang orisinil tetapi produk yang mereka hasilkan memiliki keunikan masing masing yang berbeda pada setiap murid dan yang terakhir press atau dorongan baik dorongan internal ( dari diri sendiri berupa keinginan dan hasrat untuk mencipta) maupun eksternal dari lingkungan social dan psikologis.dorongan eksternalnya ialah kami menjajikan kepada murid murid TK untuk memberikan reward apabila ada murid yang bisa menjawab tebak tebakan dari kami.

Karin Natalia Ambarita mengatakan...

Remedial soal nomor 2
Konsep microteaching kami adalah creative and fun.kami mengajak murid murid TK untuk belajar sambil bermain dengan kreative dan menyenangkan.diusia anak TK kita tau kalau pengetahuan yang mereka peroleh melalui kegiatan bermain.teori yang saya gunakan sesuai dengan konsep microteaching kami adalah teori pendekatan 4P dalam kreative. keempat P itu adalah Pribadi,produk,proses dan press.
keempat P tersebut saya sudah menjelaskan disoal no 2.saya menggunakan teori ini karena saya merasa kalau creativitas sangat diperlukan sejak dini agar murid murid dapat menjadi sesorang yang kreative dimasa yang akan datang. kami mengajak murid murid kreative dengan cara mengajari mereka menggambar,melipat origamai dan juga mengajak murid murid untuk bernyanyi dan bermain tebak tebakan, dengan kegiatan ini kami yakin kalau ini dapat menambah kekreativan murid murid TK Kartika 2-20

psipddk3sks mengatakan...

3. Coba beri penjelasan dengan contoh, apa yang dimaksud dengan pernyataan ini; Hubungan mengajar dengan belajar dengan segala factor lain yang tergamit mendorong minat paedagogi.

Karin Natalia Ambarita mengatakan...

Belajar (learning) yaitu proses siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalammemperoleh dan meningkatkan pengetahuan sertaketerampilan (seperti penyelidikan,berpikir kritis,kerja sama tim, mengorganisasikan, dan memecahkan masalah.Hubungan mengajar dengan belajar dengan segalafaktor lain yang tergamit mendorong minatpedagogi, misalnya, siswa melakukan penelitian sederhana.seprti yang kami lakukan dalam tugas microteaching kami.kami langsung mempraktekan dan melakukan penelitian segala sesuatu yang berhubungan dengan paedagogi.paedagogi merupakan seni ilmu mengajar pada anak anak. pada tugas microteaching kami langsung mengajar anak anak dan kemudia kami mempresentasikan hasilnya.

Posting Komentar